Senin, 19 November 2012

Isi Bensin Sendiri di SPBU Kebonjeruk



Pengendara motor mengisi bensin sendiri di sebuah SPBU di Kebonjeruk, Jakbar. Foto: Suprapto

Anda ingin merasakan bagaimana mengisi bensin sendiri di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Gampang. Anda tak perlu ke luar negeri. Di Kebonjeruk, Jakarta Barat, fasilitas self service untuk pengisian bahan bakar minyak (BBM) pun sudah tersedia.
Layanan percontohan isi bensin sendiri itu diberikan di SPBU 34-11508 di Jalan Panjang, Kebonjeruk, Jakarta Barat, atau tepat di seberang Gedung SMAN 65 Jakarta. Selasa (20/11/2012) pagi, sejumlah pengendara sepeda motor berjejer.
Setelah membayar di kasir, mereka mengambil Nozzle (ujung slang bensin) dan memasukkannya ke  dalam tangki  motor. “Masih ribet. Tapi asyik juga sih. Ini baru sekali coba isi pensin sendiri,” ujar  seorang pengendara sepeda motor bebek.
Berdasarkan pengamatan penulis, masih banyak pengendara yang belum tahu bahwa pengisian BBM untuk sepeda motor di SPBU ini memang self servicei atau isi bensin sendiri. Mereka semula berdiri, seperti menunggu petugas mengisi bensin. Tetapi, petugas yang datang hanya memberitahu bahwa pengendara diminta mengisi BBM sendiri.
“Saya tidak boleh mengisikan BBM. Kalau ketahuan nanti kena tegur. Kalau ada pengendara yang belum bisa, saya hanya bertugas memberitahu atau mengajari. Tapi yang mengerjakan tetap konsumen,” ujar Aditya, petugas SPBU itu.
Prosedur isi bensin sendiri tak terlalu sulit. Setelah pengendara tiba di tempat pengisian BBM, datangi petugas kasir dan bayar BBM sesuai kebutuhan. Misalkan Rp 10.000. Nanti petugas akan memberikan struk atau bukti pembayaran yang di­-print secara otomatis.
Setelah itu, pengendara menempelkan barcode di sebuah mesin khusus. Kalau mesin membaca barcode itu, maka akan muncul di layar jumlah pengisian BBM.  Mesin otomatis juga akan berbunyi seperti suara wanita, yaitu, “Dimulai dari nol ya.”
Jika sudah terdengar suara itu, maka pengendara baru bisa memasukkan nozzle ke dalam tangki. Tarik tuas nozzle dan BBM akan keluar.  Silakan mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar